Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan

Beras Organik Bunga Padi Mas

Pendahuluan

Beras merupakan makanan pokok hampir seluruh penduduk Indonesia dan sebagian masyarakat dunia. Namun sayang beras yang dihasilkan saat ini sebagian besar merupakan beras anorganik yang dihasilkan dari budidaya anorganik yang menggunakan benih unggul hasil rekayasa genetik/bioteknologi, pupuk kimia dan pestisida kimia. Sehingga berdasarkan hasil beberapa analisa laboratorium, beras anorganik mengandung residu bahan-bahan kimia yang merugikan kesehatan.

Sering dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan pelestarian lingkungan hidup, memproduksi beras organik menjadi suatu keharusan. Beras organik yang dihasilkan dari budidaya dan pengolahan padi organik merupakan solusi bagi penyediaan beras sehat dan berkualitas.

Mengapa Beras Organik?

Beras organik adalah beras yang dihasilkan melalui proses organis yang ditanam di tanah yang ramah lingkungan, 100% tidak menggunakan pestisida kimia. Beras organik, beras yang bebas pestisida, pewarna dan bahan kimia lainnya, sehingga sangat aman dan sehat dikonsumsi oleh balita, orang dewasa, maupun para manula.

Beras organik sejatinya merupakan beras yang dihasilkan dari budidaya padi organik yang ditanam di tanah yang ramah lingkungan. Proses pertumbuhannya tidak menggunakan pestisida kimia dan tumbuh di lahan yang sudah terbebas dari kontaminasi pestisida dengan ekosistem yang terjaga.

Selain harus mengembalikan ekosistem tanah, beras sehat ini juga mensyaratkan adanya lahan yang jauh dari polusi, seperti asap knalpot motor, limbah pabrik, dan pencemaran lainnya.

Keunggulan “Beras Organik Bunga Padi Mas”

Khasiat diakui banyak kalangan. Beras tanpa kandungan pestisida dan berkadar gula rendah (sekitar 0,29%) ini begitu aman dikonsumsi penderita diabetes. Bahkan beras ini dikenal sebagai salah satu nutrisi pencegah diabetes mellitus, asam lambung, serta menyembuhkan asam urat, mencegah kanker, jantung, darah tinggi, dan vertigo.

Kelebihan dari beras organik Bunga Padi Mas berasal dari lahan yang sudah memiliki sertifikasi organik nasional bahkan berasnya sudah diterima baik di masyarakat, serta rasa nasi yang lebih enak, lebih empuk dan memiliki daya simpan yang lebih lama karena dikemas dengan sangat apik dengan menggunakan vakum.

Beras organik “Bunga Padi Mas” adalah beras organik yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  1. Memiliki Sertifikat Pangan Organik dari LSPO INOFICE.
  2. Mengandung serat, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Tersedia kemasan 2 kg, 5 kg dan 10 kg.

Mengapa Harus Mengkonsumsi “Beras Organik Bunga Padi Mas”?

  • Terbebas dari pupuk kimia (pupuk anorganik).
  • Terbebas dari pestisida/racun kimia.
  • Terbebas dari bahan pengawet dan pemutih.
  • Terbebas dari produk rekayasa genetika.
  • Dapat menstabilkan metabolisme dan memperbaiki sel-sel tubuh secara alami.
  • Menyelamatkan generasi penerus (anak dan cucu).
  • Memperpanjang umur/usia dan kegairahan hidup.
  • Mencegah dari berbagai penyakit.
  • Mencegah kolesterol dalam tubuh.
  • Menyehatkan jasmani dan rohani.
  • Turut melindungi kualitas air tanah.
  • Turut berpartisipasi dalam mencegah erosi tanah dan sistem ekologi tanah.
  • Turut membantu perubahan iklim yang sehat.
  • Turut membantu pencegahan pemanasan global.
  • Ditanam dan dibudidayakan di lahan rawa lebak ramah lingkungan.

Keunggulan dari “Beras Organik Bunga Padi Mas”:

  1. Tanpa pestisida kimia.
  2. Tanpa bahan aditif lain (pemutih, pewarna, aspartam, antibiotik, dll).
  3. Tanpa pupuk kimia sintetis.
  4. Benih NON – GMO (bukan merupakan hasil rekayasa genetika yang dapat berpotensi menyebabkan kanker sehingga aman dan baik bagi tubuh).
  5. Ditanam dengan mengacu pada panduan ICS (Internal Control System) yang berbeda dengan sistem pertanian konvensional.
  6. Pulen, mengandung lebih banyak vitamin, nutrisi mikro, dan mineral utama seperti: kalsium, magnesium, dan ion.
  7. Berkhasiat untuk segala penyakit (diabetes, wasir, kolesterol, asam urat, darah tinggi, susah buang air besar, dll).
  8. Kaya anti oksidan dan zat-zat lain yang dapat melawan kanker dan  serangan jantung, tidak mengandung lemak jenuh, aspartam (pemanis buatan), serta pengawet, pemutih, pewarna.
  9. Mempunyai indeks glikemik (tingkatan pangan menurut efeknya terhadap gula darah) yang rendah, sehingga sangat baik sekali untuk penderita diabetes.
  10. Harga lebih terjangkau!!! (tidak berbeda jauh dengan harga beras non organik dan lebih terjangkau daripada harga beras organik lainnya!!!)
  11. 100% organik!!! Bersertifikat organik dari Lembaga Sertifikasi Pangan Organik.

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Organik.

  • Lebih bergizi. Beberapa studi menunjukkan bahwa buah dan sayuran organik (misalnya beras, tomat, kubis, bawang dan selada organik) mengandung lebih banyak nutrisi seperti vitamin, magnesium, fosfor, zinc dan besi.
  • Lebih sehat. Makanan organik tidak dibentuk menggunakan pupuk kimia, pestisida kimia serta bahan kimia lain sehingga tidak merugikan tubuh manusia.
  • Lebih enak. Banyak orang merasa bahwa makanan organik lebih enak daripada makanan nonorganik. Alasan utamanya karena makanan itu dihasilkan dengan sarana produksi alami. Makanan organik juga sering dijual secara lokal sehingga masih segar.
  • Kelestarian lingkungan. Menjaga lingkungan dari polusi tanah, air dan udara sehingga menciptakan dunia yang aman bagi kehidupan generasi mendatang.

[table id=10 /]

(Sumber: Brosur Gapoktan Mandiri — Babirik — Hulu Sungai Utara — Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Hulu Sungai Utara)

 

1 Comment on Beras Organik Bunga Padi Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*