Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan

Indonesia Raya Berkumandang di Areal Cetak Sawah

Dalam rangka pengawasan cetak sawah tahun 2016 di Kabupaten Balangan, tim gabungan yang terdiri atas Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Pusat Deddy Rochyadi, Ketua Tim Cetak Sawah Mabes TNI Pusat B Silitonga, Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel Ir Birumdhani, Dandim 1001 Amuntai-Balangan Letnan Kolonel Inf Priyanto Eko Widodo dan pihak Dinas Pertanian Balangan melakukan peninjauan langsung ke lokasi di Desa Baru dan Piyait di Kecematan Awayan.

Yang menarik, karena Rabu 17 agustus 2016 kemarin bertepatan momentum HUT ke-71 RI, maka sebelum memulai acara cetak sawah, rombongan bersama masyarakat menyanyikan lagu Indonesia Raya di sawah setempat.

Kadis PTPHPP Balangan, Tuhalus mengatakan, para pegawai terlebih dahulu mengikuti apel di halaman kantor pemkab.

“Nah di lokasi kami mengajak masyarakat bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya karena bertepatan HUT Ri,”

Lebih lanjut Tuhalus mengatakan, pada tahun 2016 ini Balangan akan mencetak sawah sebanyak 50 Ha yang tersebar di dua lokasi yakni di Desa Baru dan Piyait.

“Di Desa Baru ada 23,5 Ha, sedangkan di Piyait 26,5 Ha. saat ini yang sudah tercetak 9 Ha di Desa Baru. Sesuai target, 25 September harus selesai seluas 50 Ha”

Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Pusat Deddy Rochyadi mengatakan, kedatangannya ke Balangan untuk melakukan percepatan cetak sawah di Balangan dan juga daerah lainnya.

Kami harapkan untuk Balangan pada tanggal 31 Agustus nanti, lahan 50 Ha tersebut sudah bisa tanam dan panen untuk menambah produksi di Balangan. Kalau diperkirakan, 50 Ha bisa menghasilkan 100 ton

Untuk itu, dia mengharapkan ada sinergitas antara pusat, kabupaten dan masyarakat mengupayakan agar lahan 50 Ha tersebut bisa tanam dua kali.

Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel Ir Birumdhani mengharapkan kabupaten bisa mem-backup dana dari APBD untuk tanam di daerahnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bibit benih padi sebanyak 25 liter kepada kelompok tani peserta cetak sawah.

Setelah itu dilakukan tanam bersama sistem gogo rancah kemudian demonstrasi rangka membasmi lahan yang masih kering.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*