Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan

Habis Panen Padi, Binuang Langsung Tanam Kedelai

Pada hari selasa 23 Agustus 2016, area bekas panen padi seluas 75 Ha di Desa Pulau Pinang Utara, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin dikerjakan.

Dihadiri oleh Sekda Tapin H. Rahmadi, rombongan Dinas Pertanian Kabupaten Tapin, Dandim 1010 Rantau dan Kadis Pertanian TPH Provinsi Kalsel, Ir H Fathurrahman. Kegiatan ini diakui oleh kelompok tani “Berkat Tani” sebagai kegiatan tanam kedelai pertama yang mereka lakukan.

Pada tahun 2016 ini Kabupaten Tapin sukses memperoleh penghargaan atas keberhasilannya dalam peningkatan luas tanam padi seluas 74000 Ha

Menurut staf ahli bernama Aji dari Dinas Pertanian Tapin, gerakan tanam kedelai itu dilakukan di areal seluas 1.491 hektare. Yang sudah terealisasi 33%, tersebar di berbagai desa di Tapin.

Menurut Kadis Pertanian Ir. H. Fathurrahman Kalsel masih mempunyai ladang luas, mempunyai peluang besar, Kalsel saat ini masih mendatangkan kedelai dari luar karena itu perlu ditingkatkan sektor ini. Satu di antaranya melalui gerakan tanam kedelai dibekas lahan padi dan lahan tidur lainnya.

Kacang kedelai di Indonesia dimanfaatkan sebagai bahan pemenuhan kebutuhan protein nabati
yang cukup tinggi. Masyarakat biasa mengolah kacang kedelai menjadi berbagai olahan makanan seperti tempe, tahu, hingga bahan utama pembuatan kecap.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*